Profil Adzkia Sumbar


Yayasan Adzkia Sumatera Barat merupakan lembaga pendidikan islam yang berkantor pusat di Jalan Taratak Paneh No. 7, Kuranji-Padang. Adzkia berdiri pada tahun 1988. Berdirinya Adzkia berawal dari bimbingan belajar Adzkia tahun 1987 yang berpusat di Lolong Padang dan didirikan oleh Prof. Dr. Irwan Prayitno, Dr. Syukri Arief, M. Eng, Mahyeldi Ansharullah, SP dan kawan-kawan.

      Pada tahun 1993 Adzkia mendirikan sebuah Taman Kanak-kanak di daerah Purus. Kemudian lahirlah SD Adzkia yang pertama tahun 1996 terletak di Jalan Taratak Paneh, Kuranji-Padang. Setelah lulusan pertama SD Adzkia tahun 2001, maka pada tahun 2002 didirikanlah SMP IT Adzkia yang juga beralamat di Taratak Paneh. Disamping itu, sejak tahun 1994 Yayasan Adzkia Sumatera Barat juga telah mengelola Perguruan Tinggi yaitu Akademi Pendidikan Islam Adzkia (AKIA) dengan dua program studi yaitu D.II PGTK dan D.II PGSD. Pada tahun 2003 Akademi Pendidikan Islam Adzkia berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiayah Adzkia (STIT Adzkia). Pada tahun 2009 Yayasan Adzkia Sumatera Barat mengelola Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan dua program studi yaitu; Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Perkembangan Lembaga Pendidikan Yayasan Adzkia untuk saat sekarang ini terus berkembang dan meningkat.

 

VISI Adzkia

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu dan Sosial Rujukan di Indonesia tahun 2025

 
MISI Adzkia
  1. Menjadikan Adzkia sebagai pusat aktifitas Islam yang strategis, sebagai sarana efektif untuk penyebaran fikrah dan nilai-nilai Islam.
  2. Menjadikan Adzkia sebagai wadah penghimpun SDM dalam rangka berkhidmat untuk kejayaan ummat bangsa dan negara.
  3. Bersama ummat menjalankan, memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai ajaran Islam.
 

      Jumlah guru dan pegawai Yayasan Adzkia Sumatera Barat sudah mencapai ± 400 orang. SDM yang ada di Yayasan Adzkia Sumatera Barat selalu memberikan kontribusi yang baik untuk  semua stake holder yang ada, baik internal, maupun eksternal. Selama ini kegiatan-kegiatan untuk pembinaan sudah banyak dilakukan seperti Dauroh, tasyqif, serta pembinaan-pembinaan lainnya. Begitu juga bentuk pelayanan berupa sarana Penyaluran Minat Bakat Guru, pemberian Tunpres dan reward-reward lainnya.

      Kurikulum yang digunakan di Adzkia sebagian besar memakai KTSP yang dipadukan dengan kurikulum khusus Adzkia dan dilengkapi dengan materi life skill dengan berlandaskan kurikulum berbasis kompetensi yang dapat merangsang enam kecerdasan (Multiple Intel Egences) dan semua pelaksanaan kurikulum tersebut diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Lulusan Adzkia telah dibina dan dididik menjadi seseorang yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia yang kreatif, terampil dan inovatif dan mampu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. Serta memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dengan sekolah lain dan dunia kerja

 

"Berprestasi Dalam Ridho ALLAH"

Saudara kita di Pasaman Barat

Assalamualaikum Wr Wb.

Bapak/ibu serta saudara-saudara kami.

Saudara kita di Pasaman Barat,Sumatera Barat,yang terdampak Gempa berkekuatan 6,2 SR pada pagi kemaren (25/2).

Sebahagian dari saudara kita rumahnya rata dengan tanah,tak sedikit yang luka parah bahkan ada yang meninggal dunia

Kini,saudara kita masih mencari tempat berlindung yang lebih aman. Tanpa persiapan Logistik dan berbagai perlengkapan.
Mungkin hari-harinya masih berurai air mata dan perasaan was-was bercamput takut.???

Untuk itu kami mengajak bapak/ibu sahabat-sahabat untuk membantu saudara kita dengan memberikan do' dan donasi terbaik.

Donasi bisa dikirim melalui rekening Bank:

Bank Nagari : 7100.0220.32082-0 (a.n. UPZ Adzkia)
Bank Muamalat 421.0044.926 (a.n. UPZ Adzkia).
Konfirmasi Transfer : 081261508733/081374385460

Jazaakumullah Khairon Katsiiroo

Wassalamualaikum Wr Wb.

Ketua UPZ Adzkia

Ust.Syafriyon,M.Sos

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu

Keluarga Besar Yayasan Adzkia Sumatera Barat (TPA-TKIT-SDIT-SMPIT-UNIVERSITAS ADZKIA) turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya, Helmi Darlis, SH., Sp.N, Wakil Walikota Pariaman Periode 2008-2013 (Pengurus Yayasan Adzkia Sumatera Barat Periode 2000-2003).

Kamis, 10 Februari 2022, Pukul 12.00 Wib di Rumah Sakit Universitas Andalas.

Semoga segala amal ibadah Almarhum diterima Allah SWT dan dimasukkan kedalam surganya serta diberi ketabahan bagi keluarga ditinggalkan, Aamiin.

Animo Pendaftar Tinggi, SDIT Adzkia Buka Kelas Tambahan

adzkiasumbar.or.id-Animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah di bawah nauangan Yayasan Adzkia Sumatera Barat tiap tahun kian meninangkat. Demikianpun pada tahun ajaran 2022-2023. Untuk itulah, Adzkia membuka kelas tambahan untuk tingkat sekolah dasar.

Koordinator Penerimaan Peserta Didik Baru Adzkia Sumbar, Ronika Putra, Jumat (4/2) menjelaskan, Adzkia membuka kelas tambahan untuk tingkat SD di SDIT Adzkia 1 dan SDIT Adzkia 2. Kedua sekolah terletak di Taratak Paneh, Kuranji Padang.

Pembukaan kelas tambahan itu menurut Ronika karena tingginya animo orang tua untuk mendaftarkan anak-anaknya ke SDIT Adzkia. “Saat ini sedang dibuka pendaftaran peserta didik baru di berbagai jenjang pendidikan di bawah naungan Yayasan Adzkia Sumbar. Untuk tingkat SD, kita membuat kelas tambahan untuk SDIT Adzkia 1 dan SDIT Adzkia 2,” ujar Ronika.

Adzkia melaksanakan pendidikan dari jenjang TK, SD, SMP, hingga perguruan tinggi dengan telah resminya Universitas Adzkia. Setiap jenjang pendidikan itu selalu diserbu peserta didik baru. Karena animo yang besar itu, maka Adzkia membuka kelas tambahan untuk tingkat SD. Kelas tambahan diberlakukan di SDIT Adzkia 1 dan SDIT Adzkia 2.

Calon peserta didik baru menurut Ronika bisa mendaftarkan diri secara online. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 3 Februari kemarin. Pendaftaran berlangsung sampai 4 Maret 2022. Pendaftran online dengan mengakses https://ppdb.adzkiasumbar.com.*

Galeri Kegiatan

MILAD ADZKIA 31

30 Maret 2019

Haflatul Quran

02 Februari 2019

Manasik Haji Gabungan

08 September 2018

Qurban 1439 H

24 Agustus 2018