Profil Adzkia Sumbar


Yayasan Adzkia Sumatera Barat merupakan lembaga pendidikan islam yang berkantor pusat di Jalan Taratak Paneh No. 7, Kuranji-Padang. Adzkia berdiri pada tahun 1988. Berdirinya Adzkia berawal dari bimbingan belajar Adzkia tahun 1987 yang berpusat di Lolong Padang dan didirikan oleh Prof. Dr. Irwan Prayitno, Dr. Syukri Arief, M. Eng, Mahyeldi Ansharullah, SP dan kawan-kawan.

      Pada tahun 1993 Adzkia mendirikan sebuah Taman Kanak-kanak di daerah Purus. Kemudian lahirlah SD Adzkia yang pertama tahun 1996 terletak di Jalan Taratak Paneh, Kuranji-Padang. Setelah lulusan pertama SD Adzkia tahun 2001, maka pada tahun 2002 didirikanlah SMP IT Adzkia yang juga beralamat di Taratak Paneh. Disamping itu, sejak tahun 1994 Yayasan Adzkia Sumatera Barat juga telah mengelola Perguruan Tinggi yaitu Akademi Pendidikan Islam Adzkia (AKIA) dengan dua program studi yaitu D.II PGTK dan D.II PGSD. Pada tahun 2003 Akademi Pendidikan Islam Adzkia berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiayah Adzkia (STIT Adzkia). Pada tahun 2009 Yayasan Adzkia Sumatera Barat mengelola Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan dua program studi yaitu; Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Perkembangan Lembaga Pendidikan Yayasan Adzkia untuk saat sekarang ini terus berkembang dan meningkat.

 

VISI Adzkia

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu dan Sosial Rujukan di Indonesia tahun 2025

 
MISI Adzkia
  1. Menjadikan Adzkia sebagai pusat aktifitas Islam yang strategis, sebagai sarana efektif untuk penyebaran fikrah dan nilai-nilai Islam.
  2. Menjadikan Adzkia sebagai wadah penghimpun SDM dalam rangka berkhidmat untuk kejayaan ummat bangsa dan negara.
  3. Bersama ummat menjalankan, memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai ajaran Islam.
 

      Jumlah guru dan pegawai Yayasan Adzkia Sumatera Barat sudah mencapai ± 400 orang. SDM yang ada di Yayasan Adzkia Sumatera Barat selalu memberikan kontribusi yang baik untuk  semua stake holder yang ada, baik internal, maupun eksternal. Selama ini kegiatan-kegiatan untuk pembinaan sudah banyak dilakukan seperti Dauroh, tasyqif, serta pembinaan-pembinaan lainnya. Begitu juga bentuk pelayanan berupa sarana Penyaluran Minat Bakat Guru, pemberian Tunpres dan reward-reward lainnya.

      Kurikulum yang digunakan di Adzkia sebagian besar memakai KTSP yang dipadukan dengan kurikulum khusus Adzkia dan dilengkapi dengan materi life skill dengan berlandaskan kurikulum berbasis kompetensi yang dapat merangsang enam kecerdasan (Multiple Intel Egences) dan semua pelaksanaan kurikulum tersebut diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Lulusan Adzkia telah dibina dan dididik menjadi seseorang yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia yang kreatif, terampil dan inovatif dan mampu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. Serta memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dengan sekolah lain dan dunia kerja

 

"Berprestasi Dalam Ridho ALLAH"

Laporan Program Tebar Wakaf Sajadah 2133

Laporan Program Tebar Wakaf Sajadah 2133 dalam Rangka Milad Adzkia Sumbar ke 33 tahun.

Dana yang masuk Rp 67.750.000,-

Gerakan Wakaf Sajadah 2133 sudah masuk 81 tempat ibadah dan sosial lainnya :

- Kota Padang

1. Masjid/ Majlis Taklim : 60

2. Polsek Kuranji : 1

3. Kube (Koperasi Usaha Bersama) : 2

4. Panti Asuhan : 2

5. Rumah Tahfidz : 1

6. Fakir Miskin : 9

- Padang Panjang : 2

- Solok : 1

- Pesisir Selatan : 2

- Pariaman : 1

Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Bapak/Ibu, Ayah/Bunda, Para Muhsinin, atas kontribusinya dalam kegiatan amal sosial ini dan semoga menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir. Amiin

Jazaakumullah khairan jazaa'

#miladazkia33

#ayokeadzkia

#adzkiaoke

#berprestasidalamridhoAllah

BUKU, Jendela Ilmu

Oleh: Dian Martiani (Kepala Inspektorat Yayasan Adzkia, Penulis Buku)

Bahagia rasanya ketika gerakan literasi mulai menggeliat di negeri ini.  Sebuah budaya baik, semoga dapat meningkatkan mutu Sumberdaya Manusia di Indonesia, ditengah minimnya minat baca generasi muda kita.  Dalam laman rri.co.id menyebutkan  bahwa kemajuan teknologi dengan fitur-fitur canggih membuat orang khususnya generasi muda  malas untuk membaca buku.

Saat ini sulit sekali menemukan generasi milenial yang gemar membaca, mereka lebih fokus bermain game, jalan-jalan, bermain gadget, selfi-selfi dan update sosial media.  Dampaknya adalah minat baca semakin berkurang, sekarang lebih banyak anak-anak maupun orangtua yang menggunakan gadget dari pada menggunakan buku, lebih banyak yang membaca tulisan di gadget dari pada tulisan dibuku.

Dalam kutipan media Kumparan, menyebutkan Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada Selasa (3/12) memotret sekelumit masalah pendidikan Indonesia. Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia terg olong rendah karena berada di urutan ke-74 dari 79 negara. Skor pada Periode sebelumnya adalah Survei PISA 2009, Peringkat Ke-57 dari 65 Negara, tahun 2012, peringkat Ke-64 dari 65 Negara, tahun 2015, Indonesia Peringkat Ke-64 dari 72 Negara.

PISA merupakan program tiga tahun sekali yang digagas oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) untuk mengukur kompetensi belajar peserta didik global.  Selama empat periode berturut-turut, Indonesia “sukses” menempatkan diri dalam urutan buncit.  Ini menjadi keprihatinan tersendiri bagi kita semua.  Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari semua ini?

Laman tirto.id menyebutkan bahwa salah satu penyebab hasil survei PISA yang rendah yang mendasar adalah adanya kurikulum yang kurang tepat pada tingkat Pendidikan Dasar dan menengah.  Dalam laman ini disebutkan selama ini, Indonesia sudah berganti sebanyak sebelas kali model kurikulum sejak tahun 1947. Tahun 1947 (Rencana Pelajaran), Tahun 1964 (Rencana Pendidikan Sekolah Dasar), tahun 1968(Kurikulum Sekolah Dasar),  tahun 1973 (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan).

Di tahun 1975 (Kurikulum Sekolah Dasar), kemudian berganti menjadi Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Revisi Kurikulum 1994 di tahun 1997, Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di tahum 2004. Lalu dua tahun kemudian (2006) beralih ke Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan terakhir Kurikulum 2013.  Sempat kembali ke Kurikulum 2006, setelah itu Kurikulum 2013 lagi.

Dari sekian banyak metode belajar, tak satupun yang menganut sistem HOTS. Indonesia masih menggunakan metode tipe Lower-Medium Order Thinking. Fakta ini menjadi bukti bahwa sistem pendidikan perlu dibenahi secara menyeluruh. PISA adalah tolak ukur kegagalan uji coba pendidikan Indonesia yang selalu berganti setiap ada perubahan menteri.

Mas Nadiem mencoba mencari jalan keluar dengan menerapkan konsep Merdeka Belajar dengan Model Rencana Pembelajaran yang lebih simpel.  Semoga ikhtiar Mas Nadiem ini dapat membuat rakyat Indonesia, khususnya generasi muda, dapat lebih menunjukkan kemajuan hasil belajar, terutama meningkatnya minat membaca.  Tingkat minat membaca ini, sangat mempengaruhi jumlah buku yang diproduksi di tanah air.
 
Dalam laman KOMPAS.com disebutkan, jumlah terbitan buku di Indonesia tergolong rendah, tidak sampai 18.000 judul buku per tahun. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan Jepang (40.000 judul, India 60.000 judul, dan China sekitar 140.000). Rendahnya produksi buku ini, menurut Hikmat Kurnia, Ketua Panitia Jakarta Book Fair 2012, terutama dipengaruhi rendahnya daya beli dan minat baca masyarakat.

Mengutip sebuat tulisan pada laman halodoc Membaca Buku, sebenarnya mengandung banyak manfaat positif.  Manfaat itu diantaranya adalah Memperlambat Proses Penyakit Alzheimer, Meningkatkan Daya Ingat, Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi, Menurunkan Risiko Stres dan Depresi, Merupakan Hiburan Murah, dan Meningkatkan Kemampuan Komunikasi.  Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, ketika seseorang membaca cerita fiksi yang sedang klimaks, maka syaraf-syaraf otaknya aktif berpendaran.  Hal ini dapat membuat otak menjadi lebih maksimal bekerja.

Paling tidak kita dapat memilih bacaan jenis apa yang kita sukai.  Banyak sekali buku-buku karya penulis Indonesia yang bisa kita nikmati diantaranya buku karya penulis  Dee lestari, Andrea Hirata, Emha Ainun Najib, Trinity, atau Maudy Ayunda, dan masih banyak lagi.  Bahkan Penulis Dee pernah membuat kata motivasi untuk menulis, halaman jelek bisa diperbaiki, halaman kosong, gak bisa diapa apain, ujarnya yang dikutip dalam laman bentang.

Pentingnya membaca dan menulis buku inilah yang mungkin menggagas ditetapkannya tanggal 23 April sebagai Hari Buku seduniadan Hari Hak Cipta sedunia.  Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta dirayakan di seluruh dunia untuk mengenali ruang lingkup buku sebagai penghubung masa lalu dan masa depan, serta menjadi jembatan budaya dan generasi(Kompas com).  Faktanya kaum intelektual yang ada dalam sejarah, pasti dekat dengan Buku.

“Buku memiliki kemampuan unik untuk menghibur dan mengajar. Buku merupakan sarana untuk menjelajahi alam di luar pengalaman pribadi kita melalui paparan berbagai penulis, alam semesta, dan budaya. Buku menjadi sarana untuk mengakses relung terdalam diri batin kita,” demikian Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay, dalam peringatan Hari Buku Sedunia 2020 sebagaimana dikutip dari laman resmi United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Ada pernyataan menyatakan bahwa sebuah negara maju, dapat dilihat dari seberapa banyak penulis tumbuh dan berkembang di negaranya.  Semoga Indonesia merupakan syurga bagi para Penulis, sehingga dapat tumbuh Penulis-Penulis muda dan kreatif, yang kelak kreatifitasnya tersebut dapat membuat minat membaca generasi muda dapat melejit, dan pada survei (PISA) berikutnya, kita tidak berada pada urutan buncit lagi.

Selamat Hari Buku sedunia, 23 April 2021.

Milad ke-33, Adzkia Resmikan Convention Center nan Megah

Padang, adzkiasumbar.or.id-Yayasan Pendidikan Adzkia Sumatera Barat merayakan ulang tahun ke-33. Milad ke-33 yang dilaksanakan secara virtual ini ditandai dengan peresemian Adzkia Convention Center nan megah.

Puncak milad lembaga pendidikan yang dirintis oleh mantan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ini digelar Senin (22/3) bertempat di Adzkia Convention Center. Acara milad ini menandai peresmian gedung aula nan megah yang berada dalam komplek Perguruan Islam Adzkia di Taratak Paneh, Kuranji Padang.

Sebelum acara puncak, Adzkia menggelar bermacam kegiatan sebagai rangkaian milad ke-2 di masa pandemi covid-19 ini. Kegiatan-kegiatan pendukung dalam milad kali ini di antaranya adalah wakaf 2.133 sajadah yang ditujukan untuk ibu-ibu majlis taklim dan kelompok sosial lainnya. Kemudian ada dua jenis lomba yang diangkatkan pada milad kali ini, yaitu lomba ranking 1 dan lomba Video Mars Adzkia Collabs yang didikuti oleh seluruh guru, dosen, siswa, orang tua dan alumni Adzkia.

Puncak acara milad sendiri ditandai dengan pemberian penghargaan kepada guru dan pegawai, yaitu penghargaan 1 dan 2 dasawarsa, penyerahann tunjangan prestasi untuk guru dan pegawai dan penghargaan untuk PTK yang sudah mengomprekan hafalan Al-Quran-nya. Adzkia juga memberikan anugerah untuk siswa-siswa yang berprestasi dan mengharumkan nama Adzkia di tingkat nasional. Acara puncak ditutup tabligh akbar yang disampaikan oleh Ust. H. M. Ridho Nur, LC,MA.

Pembina Yayasan Adzkia, Syukri Arief dalam sambutannya mengucap syukur karena perayaan milad ke-33 Adzkia tetap bisa dilakukan kendati masih dalam suasana pandemi covid-19.

“Kita tahu bahwa ini adalah milad ke-2 lembaga ini di saat bumi kita dilanda pandemi. Namun kita semua bertekad pandemi tidak menghalangi kita untuk tetap berkreativitas, berinovasi, bekerja dengan ihsan dan itqon untuk mempersembahkan prestasi-prestasi terbaik untuk Lembaga ini, untuk negara dan bangsa kita, terutama untuk kita persembahkan di hadapan Allah SWT dengan berkontribusi di dalam dakwah pendidikan untuk mendidik calon pemimpin masa depan bangsa dan negara kita,” ujar Syukri.

Syukri menambahkan, sesuai dengan namanya, Adzkia adalah cerdas atau dalam bahasa lain adalah obor. Karena itu, Syukri berharapAdzkia terus menjadi cahaya, penerang dalam kehidupan.

Milad ke-33 kali ini mengangkatkan tema, ‘Pandemi bukan Hambatan untuk tetap Berprestasi dalam Ridho Allah’. Ketua Panitia, Ronika Putra mengucapkan terima kasih kepada semua pimpinan, relasi, semua stake holder, Sponshor dan semua guru,dosen dserta karyawan yang sudah berpartisipasi dan berkontribusi untuk mengangkatkan perayaan milad tahun ini.

“Terima kasih untuk semua panitia, sudah mempersiapkan dengan optimal agar Milad tahun ini bisa dilaksanakan dengan baik. Kita yakin keikhlasan, kesabaran dan kerja keras semua teman-teman panitia akan Allah balas,” ujar Ronika.

Acara milad ke-33 Adzkai dilaksanakan dalam dua bentuk. Kegiatan offline dilakukan secara terbatas melibatkan pengisi acara dan penerima penghargaan. Kegiatan offline dilaksanakan di Adzkia Convention Center dengan memberlakukan protokol kesehatan. Selain itu dilakukan secara online.

Puncak acara milad sendiri diikui oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabag. Bintal Sekretariat Provinsi Sumbar, Elsandra Ekaputra, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar diwakili oleh Kabid SMK, Joko Purnomo dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang diwakili oleh Koordinator Wilayah, Mursyid.

Gubernur Sumbar melalui Elsandra Eka Putra menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Adzkia Sumatera Barat yang telah melahirkan lulusan terbaik dan berkualitas serta berprestasi tingkat nasional. 

SDIT Adzkia 3 Raih Medali Emas FLS2N

PADANG, HALUAN- SD IT Adzkia 3 Padang raih medali emas dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Acara ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada bulan September 2020.

Kepala Sekolah SDIT Adzkia 3 Padang, Nurmaini dalam hal ini mengatakan kendati lomba tingkat nasional itu dilaksanakan pada tahun 2020 namun pemberian hadiah kepada siswa baru bisa terlaksana hari ini, Rabu, (17/2). 

FLS2N ini pada awalnya diagendakan secara tatap muka. Karena keadaan pandemi, dilaksanakan secara daring dengan media video pada bulan September 2020. 

"Berhubung kita baru saja menerima hadiah berupa sertifikat dan medali emasnya dari Kemendikbud, maka dari itu baru bisa terlaksanakan sekarang penyerahan hadiah ini kepada siswa yang meraih juara yaitu Yaqzhan Khairi Ruanda, Muhammad Farras Shiddiq, Muflih Batrisya Offik," ujarnya.

Harapannya dengan diraihnya prestasi tinhkat nasional ini, dapat menjadi tolak awal  bagi SDIT Adzkia 3 Padang untuk mendapatkan prestasi lainnya. Nurmaini menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu SDIT Adzkia 3 Padang dalam meraih juara nasional FLS2N ini.

Direktur pendidikan yayasan Adzkia, Afrianis, S.P menyampaikan kepada siswa agar berprestasi dan tetap bersandar pada Allah. Dia berharap agar kedepannya semua siswa dapat semakin meningkatkan rasa syukur kepada Allah dan dapat meraih prestasi-prestasi berikutnya.

"Selain itu, kita juga berterima kasih kepada  Bapak Dr. Gantino Habibi, dan Bapak Doni A yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan FLS2N ini. Dan yang terutama Yesriva Nursyam dan tim selaku pelatih siswa kita dari ISI Padang Panjang," katanya.

Lebih lanjut, Nurmaini menjelaskan FLS2N ini mempunyai lima cabang lomba yaitu tari, pantomim, cerita bergambar, kriya anyaman, dan solo song yang diikuti oleh 28 provinsi seluruh Indonesia. SDIT Adzkia 3 terpilih untuk langsung ke nasional.

"Karena kondisi pandemi, latihan kita sempat tsrjeda tiga bulan. Kita selang seling latihannya dengan jarak jauh atau menggunakan video. Bulan Juli mulai latihan kembali, hingga Agustus siswa kita latihan secara intens dengan protokol kesehatan," katanya.
 
Selain lomba meraih medali emas dalam FLS2N cabang tari, SDIT Adzki juga memperoleh kategori terbaik dalam sayembara video dan surat pada hari guru secara nasional. Yang diperoleh oleh Sabrina Mahya Asy Syifa. Nurmaini menyebutkan ini merupakan hasil kolaborasi siswa dengan orang tua dalam menyambut hari guru Nasional tahun 2020. (h/mg-dar)

Keterangan : Foto bersama siswa peraih medali emas FLS2N, direktur pendidikan yayasan Adzkia, kepala sekolah, Bhabinkamtibmas, guru, dan siswa di SDIT Adzkia 3 Padang. Rabu, (17/2). DARWINA.

Galeri Kegiatan

MILAD ADZKIA 31

30 Maret 2019

Haflatul Quran

02 Februari 2019

Manasik Haji Gabungan

08 September 2018

Qurban 1439 H

24 Agustus 2018