Profil Adzkia Sumbar


Yayasan Adzkia Sumatera Barat merupakan lembaga pendidikan islam yang berkantor pusat di Jalan Taratak Paneh No. 7, Kuranji-Padang. Adzkia berdiri pada tahun 1988. Berdirinya Adzkia berawal dari bimbingan belajar Adzkia tahun 1987 yang berpusat di Lolong Padang dan didirikan oleh Prof. Dr. Irwan Prayitno, Dr. Syukri Arief, M. Eng, Mahyeldi Ansharullah, SP dan kawan-kawan.

      Pada tahun 1993 Adzkia mendirikan sebuah Taman Kanak-kanak di daerah Purus. Kemudian lahirlah SD Adzkia yang pertama tahun 1996 terletak di Jalan Taratak Paneh, Kuranji-Padang. Setelah lulusan pertama SD Adzkia tahun 2001, maka pada tahun 2002 didirikanlah SMP IT Adzkia yang juga beralamat di Taratak Paneh. Disamping itu, sejak tahun 1994 Yayasan Adzkia Sumatera Barat juga telah mengelola Perguruan Tinggi yaitu Akademi Pendidikan Islam Adzkia (AKIA) dengan dua program studi yaitu D.II PGTK dan D.II PGSD. Pada tahun 2003 Akademi Pendidikan Islam Adzkia berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiayah Adzkia (STIT Adzkia). Pada tahun 2009 Yayasan Adzkia Sumatera Barat mengelola Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan dua program studi yaitu; Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Perkembangan Lembaga Pendidikan Yayasan Adzkia untuk saat sekarang ini terus berkembang dan meningkat.

 

VISI Adzkia

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu dan Sosial Rujukan di Indonesia tahun 2025

 
MISI Adzkia
  1. Menjadikan Adzkia sebagai pusat aktifitas Islam yang strategis, sebagai sarana efektif untuk penyebaran fikrah dan nilai-nilai Islam.
  2. Menjadikan Adzkia sebagai wadah penghimpun SDM dalam rangka berkhidmat untuk kejayaan ummat bangsa dan negara.
  3. Bersama ummat menjalankan, memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai ajaran Islam.
 

      Jumlah guru dan pegawai Yayasan Adzkia Sumatera Barat sudah mencapai ± 400 orang. SDM yang ada di Yayasan Adzkia Sumatera Barat selalu memberikan kontribusi yang baik untuk  semua stake holder yang ada, baik internal, maupun eksternal. Selama ini kegiatan-kegiatan untuk pembinaan sudah banyak dilakukan seperti Dauroh, tasyqif, serta pembinaan-pembinaan lainnya. Begitu juga bentuk pelayanan berupa sarana Penyaluran Minat Bakat Guru, pemberian Tunpres dan reward-reward lainnya.

      Kurikulum yang digunakan di Adzkia sebagian besar memakai KTSP yang dipadukan dengan kurikulum khusus Adzkia dan dilengkapi dengan materi life skill dengan berlandaskan kurikulum berbasis kompetensi yang dapat merangsang enam kecerdasan (Multiple Intel Egences) dan semua pelaksanaan kurikulum tersebut diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Lulusan Adzkia telah dibina dan dididik menjadi seseorang yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia yang kreatif, terampil dan inovatif dan mampu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. Serta memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dengan sekolah lain dan dunia kerja

 

"Berprestasi Dalam Ridho ALLAH"

Pentingnya Kejelasan Informasi bagi Tenaga Teknis

Beberapa hari yang lalu, kami hendak mencari rak sepatu untuk diletakan di depan pintu masuk di kantor. Kami ingin rak sepatu itu beda dari yang lain, namun dengan harga yang tetap terjangkau. Setelah survei ke beberapa toko mebel, kami tidak mendapatkan barang yang kami cari.

Ada yang cocok modelnya, tapi tidak cocok harganya. Ada yang cocok harganya, namun tidak cocok modelnya. Akhirnya kami memutuskan untuk memesan saja kesebuah toko alumunium. Mengingat barang dapat lebih tahan lama, namun harganya bisa kita sesuaikan dengan budget.

Setelah berbincang tentang model, kamipun bernegosiasi masalah harga. Agak alot…demi harga terbaik. Rasanya sudah cukup panjang berbicara masalah model, kami sudah memiliki ekspektasi sesuai imajinasi yang sudah digambarkan. Kata abangnya, insya Allah besok barang siap.

Kesokan harinya, barang diantar ke tempat kami. Betapa terkejutnya ketika melihat rak sepatu yang sudah kami nanti-nanti itu tiba. Modelnya tidak sesuai ekspektasi. Lebih mirip lemari makan ketimbang rak sepatu.

Sempat viral di kantor….Haha…

Ada persangkaan baik bahwa apa yang kami bayangkan dipahami oleh abang pembuat raknya. Ada husnudzon bahwa apa yang sudah menjadi hal yang umum akan dia buat pada model rak sepatu kami, semisal transparan dan hiasannya tidak terlalu mencolok.

Persangkaan baik yang tidak tertangkap begitu saja, jika kita tidak menerangkan dan memastikannya secara detil.

Dalam membangun Sistem Pengendalian Internal, pantas saja informasi dan komunikasi menjadi hal penting yang perlu dipastikan dan senantiasa dijaga kelancarannya. Jika tidak bisa menjadi misspersepsi, sehingga tujuan semula tidak dapat tercapai secara optimal.

Setiap kami melihat rak sepatu itu, kami selalu ingat akan hikmahnya. Bayangkan, jika dalam suatu organisasi, apatah lagi organisasi Pendidikan, ada misspersepsi antara pimpinan sebagai pemegang kebijakan strategis dengan pegawai sebagai pelaksana teknis. Hasilnya tentu tidak akan sesuai ekspektasi.

Jadi, berbicara secara jelas dan detil kepada tenaga teknis, adalah sebuah keharusan. Tidak cukup sekedar husnudzon bahwa mereka telah paham. Mesti dipastikan kepahamannya, pastikan bahwa persepsinya sama dengan kita. Hal ini bisa dianggap sebuah mitigasi terhadap resiko terjadinya kesalahan produk/pencapaian tujuan akhir..

Alam takambang menjadi guru…

Kamis, 07 September 2023

Meningkatkan Mutu Pendidikan

Monitoring dan Evaluasi Standar Isi di Yayasan Adzkia Sumatera Barat.

Kami berkomitmen untuk memastikan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan, demi memberikan pengalaman pembelajaran terbaik bagi siswa.

Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam perjalanan peningkatan mutu pendidikan.

Ayo Donor Darah! 

Bersama RSUP Dr. M. Djamil Padang dan Adzkia Sumbar
Setetes Darah Anda , Nyawa bagi mereka. 

Yang insyaAllah akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu/ 16 September 2023
Tempat : Hall SMPIT Adzkia
Pukul 08. 00 WIB – selesai. 

Acara ini sangat terbuka untuk umum, Gratis, dan Dapatkan Bingkisan.
Pendaftaran dibuka sampai tanggal 9 September 2023, Link Registrasi : https://bit.ly/3EixwLq

Galeri Kegiatan

MILAD ADZKIA 31

30 Maret 2019

Haflatul Quran

02 Februari 2019

Manasik Haji Gabungan

08 September 2018

Qurban 1439 H

24 Agustus 2018