Profil Adzkia Sumbar


Yayasan Adzkia Sumatera Barat merupakan lembaga pendidikan islam yang berkantor pusat di Jalan Taratak Paneh No. 7, Kuranji-Padang. Adzkia berdiri pada tahun 1988. Berdirinya Adzkia berawal dari bimbingan belajar Adzkia tahun 1987 yang berpusat di Lolong Padang dan didirikan oleh Prof. Dr. Irwan Prayitno, Dr. Syukri Arief, M. Eng, Mahyeldi Ansharullah, SP dan kawan-kawan.

      Pada tahun 1993 Adzkia mendirikan sebuah Taman Kanak-kanak di daerah Purus. Kemudian lahirlah SD Adzkia yang pertama tahun 1996 terletak di Jalan Taratak Paneh, Kuranji-Padang. Setelah lulusan pertama SD Adzkia tahun 2001, maka pada tahun 2002 didirikanlah SMP IT Adzkia yang juga beralamat di Taratak Paneh. Disamping itu, sejak tahun 1994 Yayasan Adzkia Sumatera Barat juga telah mengelola Perguruan Tinggi yaitu Akademi Pendidikan Islam Adzkia (AKIA) dengan dua program studi yaitu D.II PGTK dan D.II PGSD. Pada tahun 2003 Akademi Pendidikan Islam Adzkia berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiayah Adzkia (STIT Adzkia). Pada tahun 2009 Yayasan Adzkia Sumatera Barat mengelola Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan dua program studi yaitu; Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Perkembangan Lembaga Pendidikan Yayasan Adzkia untuk saat sekarang ini terus berkembang dan meningkat.

 

VISI Adzkia

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu dan Sosial Rujukan di Indonesia tahun 2025

 
MISI Adzkia
  1. Menjadikan Adzkia sebagai pusat aktifitas Islam yang strategis, sebagai sarana efektif untuk penyebaran fikrah dan nilai-nilai Islam.
  2. Menjadikan Adzkia sebagai wadah penghimpun SDM dalam rangka berkhidmat untuk kejayaan ummat bangsa dan negara.
  3. Bersama ummat menjalankan, memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai ajaran Islam.
 

      Jumlah guru dan pegawai Yayasan Adzkia Sumatera Barat sudah mencapai ± 400 orang. SDM yang ada di Yayasan Adzkia Sumatera Barat selalu memberikan kontribusi yang baik untuk  semua stake holder yang ada, baik internal, maupun eksternal. Selama ini kegiatan-kegiatan untuk pembinaan sudah banyak dilakukan seperti Dauroh, tasyqif, serta pembinaan-pembinaan lainnya. Begitu juga bentuk pelayanan berupa sarana Penyaluran Minat Bakat Guru, pemberian Tunpres dan reward-reward lainnya.

      Kurikulum yang digunakan di Adzkia sebagian besar memakai KTSP yang dipadukan dengan kurikulum khusus Adzkia dan dilengkapi dengan materi life skill dengan berlandaskan kurikulum berbasis kompetensi yang dapat merangsang enam kecerdasan (Multiple Intel Egences) dan semua pelaksanaan kurikulum tersebut diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Lulusan Adzkia telah dibina dan dididik menjadi seseorang yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia yang kreatif, terampil dan inovatif dan mampu berprestasi dibidang akademik maupun non akademik. Serta memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dengan sekolah lain dan dunia kerja

 

"Berprestasi Dalam Ridho ALLAH"

Komitmen Membangun Sistem Pengendalian Internal (SPI)

Yayasan Adzkia Sumatera Barat (YASB Sumbar) menyadari dengan bertambahnya usia dan semakin banyaknya kompetitor penyelenggara pelayanan Pendidikan di Sumatera Barat, memotivasi untuk terus melakukan pembenahan dan upaya peningkatan kualitas layanan.

Membangun SPI merupakan proses yang seharusnya melekat pada setiap diri pegawai, apatah lagi managemen. Proses PDCA (Plan Do Chek Action) seyogyanya proses yang berkesinambungan yang harus terus dijaga keterlaksanannya agar Mutu Kerja dan Kinerja tetap dapat berjalan maksimal.

Inspektorat YASB mengangkatkan Kegiatan Bimbingan Teknis Pemetaan pada hari Selasa, tanggal 29 Agustus 2023 lalu, dihadiri oleh seluruh pimpinan di lingkungan YASB. Selain menambah wawasan dengan menghadirkan Narasumber berkompeten (Bapak Zaenuddin, S.E, M.M), kegiatan ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang konsistensi pelaksanaan SPI, serta sosialisasi kegiatan Pemetaan yang akan dilakukan Inspektorat, sebagai bahan menetapkan data exsisting condition mutu Lembaga saat ini.

Mari bersinergi dan berkolaborasi, untuk Adzkia lebih Bermutu

Yang hadirnya selalu ditunggu dan dirindu*

Mencetak generasi baru

Melalui pembelajaran terpadu

Kamis, 31 Agustus 2023

Lingkungan Asri akan Mempengaruih Suasana Belajar dan Bekerja di Sekolah

Kondisi lingkungan di sekolah sangat berpengaruh terhadap iklim belajar mengajar. Jika lingkungan tidak bersih ditambah suasana yang kurang menyenangkan apalagi terasa panas, maka tentu saja akan mengganggu konsentrasi anak didik dalam belajar. Mereka akan merasa gerah dan tidak betah, sehingga hasil belajar anak pun akan menurun dan tidak memuaskan.

Yayasan Adzkia Sumatera Barat (TPA-PGTKIT-SDIT-SMPIT-UNIVERSITAS) adalah salah satu sekolah swasta Islam Terpadu yang berada di wilayah pemerintahan Kota Padang yang memiliki program menciptakan lingkungan belajar yang bersih dan nyaman. Sekolah tersebut tepatnya berlokasi di jalan Taratak Paneh No. 7 Kec. Kuranji. Sekolah tersebut berada di pusat Ibu kota Sumatera Barat Kota Padang.

Beraneka ragam jenis bunga juga ada di lingkungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat ini. Suasana yang nyaman dengan taman yang indah ini membuat banyak orang senang berkunjung ke sekolah, walau hanya untuk sekedar berswa foto.

Dalam perjalanan pendidikan Islam

Dalam perjalanan pendidikan Islam, kita memahami betapa pentingnya membangun karakter yang mulia dan akhlak yang baik. Seperti kata Nabi Muhammad SAW, 'Sebaik-baik kalian adalah yang memiliki akhlak terbaik.'

Mari kita menjadikan jujur, sabar, welas asih, dan etika sebagai pilar dalam setiap tindakan kita. Dengan menghidupkan nilai-nilai ini, kita bisa menciptakan dampak positif dalam hidup kita dan masyarakat.

Inspektorat Yayasan Adzkia Sumatera Barat

Inspektorat Yayasan Adzkia Sumatera Barat mengadakan kegiatan Sharing dan Diskusi tentang Sistem Pengendalian Internal, pada Hari Rabu, Tanggal 16 Agustus 2023. Narasumber kegiatan ini adalah Bapak Zaenuddin, S.E, M.M.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala/Direktur, Kepala Unit (TPA, TKIT, SDIT, SMPIT), Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Adzkia, dan Koordinator Urusan Penjaminan Mutu di Lingkungan Yayasan Adzkia Sumatera Barat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Adzkia Sumatera Barat, Bapak Drs. Muhardanus dt Sampono Kayo.

Galeri Kegiatan

MILAD ADZKIA 31

30 Maret 2019

Haflatul Quran

02 Februari 2019

Manasik Haji Gabungan

08 September 2018

Qurban 1439 H

24 Agustus 2018